Selasa, 02 Juni 2015

Suara Fodimers

        Hai Fodimers, seperti yang kita ketahui biasanya presiden Indonesia mempunyai seorang juru bicara atau yang lebih dikenal dengan jubir untuk membantu dan mewakili presiden dalam menyampaikan pesan atau hal kepada publik. Akan tetapi, lain hal nya dengan kepresidenan Jokowi yang pada awal Jokowi menjabat sebagai presiden hingga sekarang Beliau tidak mempunyai jubir. Nah, bagaimana sih tanggapan Fodimers tentang hal tersebut? Menurut kalian penting ga sih presiden mempunyai jubir? Lalu apa sih negatif dan positifnya mempunyai jubir? 

Ardrian_Sipos XXIII 

Hemmm menurut gue jubir bisa ada bisa juga engga karena jika presidennya tidak bisa untuk menyampaikan pesan maka dapat diwakili oleh jubirnya. Sisi positifnya yaitu presiden bisa berpidato dengan baik karena dibantu oleh juru bicara yang mempunyai kosa-kata yang baik. Negatifnya yaitu bisa saja jubir itu lupa menyampaikan amanat dari presiden sehingga masyarakat tidak puas dengan penyampaiannya tersebut. Presiden yang tidak mempunyai jubir itu sebenarnya sah-sah saja karena Beliau sudah punya wakil jadi buat apa punya jubir lagi.

Seyla_Sipos XXIII 

Kalo dari tanggapan aku, seorang presiden itu memang sangat memerlukan jubir karena hal tersebut dibutuhkan untuk membantu mempersiapkan mental presiden tersebut dalam berlatih menyampaikan aspirasi dan terkadang presiden juga memiliki kekurangan dalam menyampaikan semua aspirasi mereka. Tanpa adanya jubir, tidak semua hasil pemikiran atau aspirasi dari presiden dapat disampaikan secara langsung dikarenakan tugas yang dilakukan oleh presiden kan ada banyak. Positifnya jika mempunyai jubir yaitu dapat membantu menyampaikan aspirasi dari presiden sedangkan negatifnya mungkin presiden tersebut jika sering ditolong oleh jubir dan tidak menyampaikan aspirasinya atau pendapatnya secara langsung kurang dapat membuat masyarakat percaya terhadap Beliau dan akan membuat presiden tersebut menjadi tidak independent

Valencia Grace_Sipos XXII 

Menurut gue, presiden tuh butuh jubir sih jadi pas presiden lagi tidak sempat turun untuk ngomong ke publik jubir bisa mewakilinya. Jokowi mungkin beda metodenya dibanding presiden lain karena ingin lebih dekat dengan rakyat. Namun, takutnya hal ini menjadi masalah saat ada demo gitu tetapi presidennya tidak dapat turun langsung untuk ngomong kepada demonstrannya jadi semestinya ada jubir sebagai perwakilan dalam menyampaikan hal tersebut.









Vanessa Jori_Sipos XXIII
Menurut aku, jubir itu kurang penting karena ini menjadi suatu kelemahan dalam menyampaikan informasi. Terkadang informasi yang langsung dari sumber dan informasi tidak langsung yang melewati jubir biasanya tidak sama dalam penyampaiannya dan keakuratannya. Biasanya jubir tidak selalu tahu semua hal yang terjadi sedangkan presiden yang ada di TKP lebih tahu. Dari pengalaman aku, jubir itu kurang penting dan terkadang hanya membela presiden yaitu inforrmasinya terkadang dapat dimanipulasi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar