Sabtu, 07 November 2015

Fodim Highlight

Public Speaking Training

Tak terasa sudah diadakan kembali Public Speaking Training untuk anggota baru Fodim yaitu anggota Sipostaru XXIV. Public Speaking Training ini merupakan suatu pelatihan yang diadakan oleh Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang pada kali ini bertemakan “Speak Your EveryThink” dan bertujuan untuk melatih kemampuan public speaking anggota Sipostaru XXIV karena public speaking menjadi dasar dalam berdiskusi dan dapat menjadi wadah untuk mengungkapkan pemikiran hebat. Selain itu, public speaking juga merupakan suatu hal yang paling sering dihadapi oleh setiap orang. Public Speaking Training ini diadakan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu, 17 Oktober 2015 pukul 8.00-14.30 yang bertempatan di G404 dan hari Kamis, 22 Oktober 2015 pukul 09.00 di YB 104. Pada hari pertama (Sabtu, 17 Oktober 2015) diadakan suatu pembekalan materi mengenai public speaking sedangkan pada hari kedua (Kamis, 22 Oktober 2015) diadakan suatu simulasi dari public speaking.

Public Speaking Training pada hari pertama berawal dari pembukaan oleh MC Public Speaking yaitu Christian Reynaldo dan dilanjutkan dengan doa bersama dan kata sambutan dari Ketua Panitia Public Speaking Training yaitu Cynthia Yulistin dan Ketua Umum Fodim yaitu Nerisa Arviana Yang.  Kemudian dilanjutkan dengan pembekalan materi public speaking yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah Perkenalan Publik Speaking yang dibawakan oleh Christian Henry (Sipostaru XXII) dan sesi kedua adalah Persiapan dan Teknik Public Speaking yang dibawakan oleh Theofilus Anjasfebri (Sipostaru XV).

Pada sesi Perkenalan Publik Speaking anggota Sipostaru XXIV belajar mengenai mengapa public speaking penting, pengertian dan tipe dari public speaking. Sesi pertama ini juga merupakan pengalaman pertama dari seorang Christian Henry menjadi pembawa materi. Wakil ketua II Fodim periode 2015/2016 ini telah berhasil membawakan sesi pengenalan public speaking dihadapan Anggota Sipostaru XXIV.

Dilanjutan pada sesi Persiapan dan Teknik Public Speaking yang dibawakan oleh Theofilus Anjasfebri, anggota Sipostaru XXIV belajar mengenai Apa dan Siapa (Apa tujuan presentasi? Apa topik presentasi? Dan Siapa pendengar Anda?),  lalu ada juga kunci bahasa tubuh (kontak mata, gerakan tangan, movement) selanjutnya bagaimana olah kata kunci (intonasi, jeda, kecepatan), hal yang perlu dilakukan dalam public speaking, cara-cara untuk menjaga fokus kepada audience, dan cara-cara untuk mengakhiri public speaking yang menarik.

Dalam sesi ini kak Theo sapaan  hangat dari kami juniornya, pembawaan kak Theo sangat menarik dan tentunya mudah mendapatkan perhatian khusus dari Anggota Sipostaru XXIV. Kak Theo adalah alumni dari mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis (sekarang FIABIKOM/FEB) Atma Jaya, namun sebelum menjadi mahasiwa FIA kak Theo pernah menjadi mahasiswa Fakultas Teknik. Karena beberapa alasan kak Theo akhirnya memutuskan untuk pindah jurusan dan menjadi mahasiswa FIA.
Kegiatan Public Speaking Training kali ini tentunya tidak lepas dari peran pembawa materi. Materi yang bermanfaat dan menarik tentunya dapat membekali Anggota Sipostaru XXIV untuk menjadi seorang Public Speaker yang baik kedepannya.

“Seseorang boleh saja mempunyai gagasan yang hebat di dunia tetapi jika orang itu tidak bisa menyampaikan ke orang lain, gagasan itu tidak ada artinya”

Sipostaru XXIV, are you ready for the simulation?

-Salam Figeon-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar