Selasa, 26 Januari 2016

Tips and Tricks


Mempertahankan Resolusi Tahun Baru





Apa yang terlintas dipikiran Fodimers kalau kita bicara tentang tahun baru? Hmm... Semangat baru? Teman baru? Atau mungkin pacar baru? Ya, untuk sebagian orang beberapa yang sudah disebutkan mungkin masuk ke dalam harapan yang telah dibuat untuk menyambut tahun baru. Keinginan untuk menjadi seseorang yang lebih baik adalah harapan bagi semua orang, apalagi dengan moment tahun baru dirasa sebagai moment yang pas untuk membuat harapan sebanyak-banyaknya.

Nah, Fodimers pasti telah membuat resolusi untuk tahun ini kan? Seberapa yakinkah Fodimers bisa menjalankan resolusi yang telah dibuat? Adakah kiat-kiat khusus yang kalian lakukan untuk merealisasikan resolusi tersebut? Kalau Fodimers dan teman-teman lainnya masih bingung bagaimana cara mempertahankan resolusi maupun merealisasikannya sesuai harapan ataupun berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya resolusi yang telah dibuat tidak terlaksana, nah disini ada beberapa tips yang bisa Fodimers dan teman-teman lainnya lakukan guna menambah motivasi untuk menjalankan resolusi sesuai dengan harapan. Let's find out!

Identifikasi dengan Baik
Kita tidak bisa mengukur sesuatu yang tidak kita identifikasi dengan baik. Kita seringkali buat resolusi yang besar. Tapi, apakah dalam jangka waktu 1 tahun kita bisa membuat resolusi tersebut menjadi perencanaan dengan waktu / sumber daya yang kita punya?
Hal ini yang biasanya sering menjadi masalah utama mengapa resolusi yang telah dibuat tidak terlaksana. Membuat resolusi yang besar memang bagus namun kita juga perlu memikirkan dengan baik apakah kita mampu melakukannya atau tidak.

Cintai Progress
Membuat perencanaan memungkinkan kita untuk melakukan resolusi yang kita buat dengan konsisten sehingga kita bisa mendapatkan progress yang kita inginkan. Saat kita hanya mengharapkaan tujuan utama sesungguhnya kita telah gagal di awal.

Smart Planning
Misalnya jika dalam 1 tahun kita harus turun 20 kg, berarti dalam sebulan kita harus turun berapa kg dan apa yang harus kita lakukan? Kira-kira kita bisa ngak komitmen untuk per bulannya dulu? perhitungan sedetail apapun sangat membantu dalam mewujudkan resolusi kita loh teman-teman.

Lakukan Evaluasi
Evaluasi juga sangat membantu kita untuk mengetahui apa kekurangan yang telah kita lakukan sebelumnya agar kedepannya kita tidak melakukan kesalahan yang sama. Jika kita sudah berkomitmen untuk melakukan apa yang harus dilakukan setiap bulannya untuk mencapai resolusi kita, teruslah mengevaluasi progress kita dan tingkatkanlah effort kita di bulan berikutnya.

Miliki Karakter dan Integritas
Kalau kita sudah buat resolusi, maka kita harus berjanji kepada diri kita sendiri untuk menepatinya dan benar-benar melakukannya.Setelah melakukan semua hal di atas, kadang-kadang kita bisa menemukan kalau apa yang dilakukan tidak kunjung membawa kita kepada hasil yang kita inginkan. Ketika hal itu terjadi, kita perlu melakukan penyesuaian terhadap rencana yang sudah kita buat. Jangan pernah menyerah dan meninggalkan visi kita begitu saja ketika upaya kita tidak berhasil.


-Salam Figeon-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar