Sabtu, 13 Februari 2016

Fodim Highlight


Morning dan 
Rapat Umum Anggota (RUA) Year Book

Hello, Fodimers! Satu langkah lagi sebelum Sipostaru XXIV ini menjalankan diskusinya. Ya, apalagi kalau bukan diadakannya pembekalan terakhir, yaitu Morning (Moderator Training). Pada kesempatan kali ini, Sipostaru XXIV belajar lebih banyak mengenai bagaimana menjadi seorang moderator. Hal ini tentunya sangat penting untuk menunjang jalannya suatu diskusi.

Morning kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Januari 2016 yang bertempatan di BKS 201B pukul 09.30 WIB. Seperti biasa, acara disambut dengan MC, Einstain (Sipostaru XXIII) yang kemudian dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Hanni Wijaya (Sipostaru XXIII). Setelah doa bersama, tak lupa kata sambutan pun dihantarkan oleh Christian Reynaldo (Sipostaru XXIV) yang mewakili divisi Pengembangan Diskusi (PD) dan Sumber Daya Manusia (SDM). Suasana pun mulai mencair ketika dibawakannya games singkat oleh Aditya (Sipostaru XXIV).


Suasana yang mulai mencair menjadi serius karena acara mencapai intinya, yaitu pembekalan moderator training dengan yang dibawakan oleh Erwin (Sipostaru XXIII) dan dilanjutkan dengan Yoshua (Sipostaru XXIII). Pembekalan tanpa adanya praktek tentunya sia-sia saja. Untuk itu, setelah diadakannya pembekalan menjadi moderator dan istirahat sejenak, Sipostaru XXIV ini diajak untuk mempraktekan langsung menjadi seorang moderator. Para Sipostaru XXIV ini pun dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap orang dari masing-masing kelompok memilih topik yang berbeda-beda untuk dibahas, diantaranya Petingnya Ketrampilan Menulis, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Hate Speech, Ahok di Pilgub 2017 Maju Lewat Jalur Independen, Balap Liar yang Dilegalkan, dan Gaya Hidup Masyarakat Perkotaan.


Para Sipostaru XXIV terlihat begitu semangat dan antusias saat membawakan topik dan menjadi moderator pada kelompok kecil tersebut walaupun tegang dan juga gugup tidak dapat dihindarinya. Kesalahan pun juga menjadi hal yang wajar untuk para Sipostaru XXIV yang kebanyakan baru pertama kali menjadi moderator ini. Meski begitu, feedback yang diberikan dapat menjadi pembelajaran bagi Sipostaru XXIV untuk menjadi moderator yang lebih baik lagi.



Acara Morning pun usai. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua umum Year Book 2016. Terdapat dua kanidat yaitu Aditya (Sipostaru XXIV) dan Evita (Sipostaru XXIV). Masing-masing dari mereka pun menyampaikan gambaran kegiatan Year Book yang akan mereka jalankan. Mulai dari tema, susunan panitia, dan juga anggaran. Anggota RUA terlihat terkesan dengan apa yang mereka sampaikan terutama pada tema yang tentunya sangat menarik dan unik. Aditya yang mengkonsepkan Year Book dengan seperti olimpiade dan Evita yang mengkonsepkan Year Book layaknya army. Kedengarannya saja sudah keren bukan, Fodimers?


Setelah usai menyampaikan gambaran Year Book dari masing-masing kanidat. Inilah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu pemilihan Ketua Umum Year Book 2016. Evita dan Aditya pun dipersilahkan keluar sebelum para anggota Sipostaru XXIV ini berdiskusi untuk menentukan siapa yang terpilih. Pendapat pun dilontarkan dari anggota Sipostaru XXIV mulai dari yang pro hingga kontra. Pendapat pun semakin sengit sehingga sulit untuk menentukan siapa yang terpilih. Hingga akhirnya kesepakatan pun sudah bulat. Aditya dan Evita dipersilahkan masuk kembali ke ruangan. Suasana gelap, hanya PPT kosong yang menyala dan tiba-tiba sosok muncul pada PPT tersebut. Ya!

.
.
.
.
.
.
.
.

Selamat, Aditya! Terpilih menjadi Ketua Umum Year Book 2016!

-Salam Figeon-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar