Selasa, 01 November 2016

Fodim's Highlight

Sipostaru XXV
Create Our Own Future with Silver Generation

Setiap organisasi pastinya memiliki cara masing-masing untuk meningkatkan dan mengembangkan kuliatas anggotanya. Sama halnya dengan UKM Fodim, seiring berjalannya waktu telah menginjak usia yang ke-30 tahun, ingin terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas organisasinya dimulai dari regenerasi anggota baru yang mendaftar ke UKM Fodim. Para anggota baru tersebut akan menjalani sejumlah rangkaian yang terdapat di dalam Sipostaru (Sistem Seleksi, Penerimaan, dan Orientasi Anggota Baru) angkatan ke-25 atau yang disebut sebagai Sipostaru XXV. Perbedaan 5 tahun dari waktu berdiri dengan angkatan Sipostaru ini dikarenakan gagasan mengenai angkatan Sipostaru yang baru dicetuskan pada tahun 1991 oleh Vincent Darmono Bongsu dan dipengaruhi pula dengan vakum-nya UKM Fodim selama 2 tahun. Melihat fenomena angkatan 25 di usia UKM Fodim yang sudah memasuki tiga dekade, maka para panitia dan konseptor dari acara ini membuat suatu ciri khusus bagi angkatan Sipostaru XXV, yaitu SILVER Generation.


Dalam mendukung Sipostaru XXV menjadi SILVER Generation, dirancanglah value SILVER oleh para konseptor dan panitia yang terdiri dari Persistence, Initiative, Continuous Learning, Supportive, dan Responsible dengan maksud dan arti di setiap value-nya. Pertama, value Persistence ditujukan untuk menumbuhkan sikap gigih dalam pribadi para peserta dalam melakukan segala tindakan. Kedua, value Inisiative  mengajak para peserta untuk dapat menjadi inisiatif dalam segala tindakan yang mereka lakukan. Ketiga, pribadi yang gigih dan memiliki inisiatif tidak akan cukup tanpa didukung oleh sikap yang ingin selalu terus belajar, seperti value Continuous Learning. Berikutnya, Sipostaru XXV juga diajarkan untuk dapat selalu memberikan Support kepada sesama anggota kelompoknya maupun orang-orang yang ada di sekelilingnya. Terakhir, dalam value Responsible Sipostaru XXV diajarkan untuk bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadap pilihan yang telah diambil oleh mereka. Selain kelima kelima value tersebut, para alumni, pengurus, panitia, maupun anggota aktif selalu menekankan bahwa setiap tindakan yang mereka lakukan akan memiliki konsekuensi, baik berupa konsekuensi positif maupun negatif.

Acara ini juga dikemas dengan tema “Create Our Own Future with Silver Generation” dengan harapan agar Sipostaru XXV dapat menjadi pribadi yang visioner dan siap berorganisasi di Fodim. Tidak hanya itu saja, tetapi juga semua ilmu maupun soft skills yang diterima dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai masa depan yang diharapkan. Maka, untuk mencapai harapan-harapan tersebut, acara ini dibentuk dalam rangkaian 4 hari 3 malam yang berlangsung pada tanggal 7 September 2016 di Aula BKS, Unika Atma Jaya dan dilanjutkan tanggal 9-11 September 2016 di Villa Bella, Cibodas.





Melalui rangkaian kegiatan Sipostaru, para peserta dilatih untuk mulai aktif mengemukakan pendapat dan dapat menerapkan value-value tersebut dalam kehidupan perkuliahan. Mereka melalui kegiatan diajarkan oleh para panitia secara bersama-sama untuk menanggung konsekuensi dari tindakan bersama pula. Semoga semua hal dan pembelajaran yang mereka dapatkan selama Sipostaru ini bisa menjadi pengalaman yang luar biasa dan dapat selalu diingat oleh mereka. Tak hanya kebahagiaannya, tetapi juga nilai-nilai yang sudah ditanamkan demi kebaikan masa depan mereka. So, welcome to Fodim’s family and be a Silver Generation!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar