Selasa, 17 September 2013

Hot News

Perhelatan Miss World 2013




Miss World. Apa sih yang muncul di pikiran FODIMers ketika mendengar kata tersebut? Miss World adalah kontes kecantikan internasional tertua yang diadakan setiap tahun. Miss World digelar pertama kali di Inggris oleh Eric Morley pada tahun 1951 sebagai Festival Kontes Bikini. Pada saat itu, Miss World juga digelar untuk memperkenalkan pakaian renang untuk pertama kalinya.  Seiring dengan berjalannya waktu, kontes ini mengubah konsep yang awalnya hanya sebagai kontes bikin menjadi kontes yang berslogan Beauty with Purpose dengan tes tambahan yaitu tes kecerdasan dan tes kepribadian. Semua proses tersebut yang akhirnya menjadikan ajang Miss World yang kita saksikan saat ini.
Tahun ini, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Miss World ke-63 pada bulan September. Awalnya, Miss World akan diselenggarakan di Sentul Convention Center, Jakarta tetapi karena banyak kontra dari beberapa kalangan masyarakat maka pemerintah memutuskan untuk memindahkan tempat penyelenggaraan Miss World menjadi di Bali. Miss World 2013 ini berhasil memecahkan rekor jumlah kontestan terbanyak sepanjang sejarah Miss World. Jumlah kontestan yang mengikuti Miss World 2013 sebanyak 129 kontestan dari berbagai negara. Selain jumlah peserta terbanyak, jangkauan siaran pada malam final mencapai 160 negara. Jumlah jangkauan siaran ini melampaui tahun lalu yang menjangkau 120 negara.
Diadakannya Miss World 2013 di Indonesia ternyata menimbulkan banyak pro dan kontra dari berbagai pihak. Pihak yang kontra terhadap Miss World 2013 disebabkan oleh tanggapan bahwa kontes kecantikan ini tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Mereka beranggapan bahwa Miss World adalah kontes dimana para kontestannya mengenakan pakaian yang mengekspos keindahan tubuh wanita. Di sisi lain, pihak yang pro melihat bahwa penyelenggaran Miss World di Indonesia ini dapat mempromosikan budaya dan objek wisata Indonesia ke dunia internasional. Hal ini dilakukan dengan cara memperkenalkan para kontestan tentang keberagaman budaya Indonesia seperti tari-tarian, pakaian tradisional, makanan, dan sejumlah objek wisata.
Melihat banyaknya pertentangan mengenai Miss World 2013 ini, pemerintah berusaha memberikan solusi agar Miss World 2013 dapat tetap diadakan di Indonesia tanpa merugikan banyak pihak yaitu dengan mengganti pakaian yang akan dikenakan oleh kontestan Miss World menjadi pakaian daerah yang sesuai dengan norma dan budaya Indonesia. Akan tetapi, masih ada beberapa pihak yang ternyata masih menentang diadakannya Miss World 2013 di Bali dan bahkan mereka merasa kecewa karena pemerintah masih mengijinkan untuk tetap diadakannya Miss World. Pihak-pihak ini terus mendesak agar Miss World 2013 yang sedang berlangsung di Bali segera dihentikan.
*Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar