Selasa, 24 Juni 2014

Referensi Website Untuk Kuliah

Tugas lagi, tugas lagi, paper lagi, paper lagi. FODIMers pasti sudah tidak asing dengan kata tugas dan paper. Kuliah memang tidak lepas dari tugas yang menumpuk dan tidak jarang tugas yang diberikan dosen berupa makalah atau paper. Untuk membuat tugas seperti ini pun tentu membutuhkan banyak referensi agar FODIMers bisa mengerjakannya dengan lancar. Akan tetapi, sulit tidak sih jika harus selalu ke perpustakaan untuk mencari buku sebagai referensi? Sulit tidak sih jika harus meminjam banyak buku tebal sebagai referensi? Atau mungkin sayang untuk mengeluarkan uang untuk buku-buku kuliah yang mahal? Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa referensi website yang dapat FODIMers kunjungi untuk bahan tugas kuliah.
1. Bookfi (http://en.bookfi.org/)
Kalau FODIMers merasa membeli buku kuliah yang sangat tebal itu mahal, FODIMers bisa mencoba untuk mencari e-book dari buku tersebut di website ini. Terdapat lebih dari dua juta e-book di Bookfi dan jumlahnya terus bertambah setiap hari. FODIMers hanya perlu memasukkan judul buku di bagian search lalu tunggu hasilnya. Memang belum semua e-book dapat ditemukan di Bookfi tetapi mencari terlebih dahulu tidak salah bukan? Siapa tahu FODIMers bisa menghemat uang beli buku tersebut untuk keperluan lain, seperti mentraktir pacar mungkin? :p 

2. Academia (www.academia.edu)
Website ini setipe dengan Facebook dan media sosial lainnya karena FODIMers bisa sign in dan memiliki profileBedanya adalah hal-hal yang dibagi di Academia adalah hal-hal yang berbau ilmiah dan pendidikan. FODIMers bisa mencari jurnal, penelitian, dan sebagainya di Academia sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, FODIMers juga bisa membagi jurnal yang sudah FODIMers buat disini untuk membantu pengguna lainnya. Jika FODIMers merasa malas untuk membuat akun, FODIMers bisa langsung menggunakan akun Facebook atau Google untuk bisa sign in. Tanpa harus sign in pun, FODIMers juga bisa mencari bahan kuliah yang diinginkan tetapi jika ingin download maka FODIMers tetap harus sign in terlebih dahulu.

3. Google Books (http://books.google.com/) dan Google Scholar (http://scholar.google.co.id)
Google pasti sudah tidak asing lagi bagi FODIMers. Hanya dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan, FODIMers bisa langsung mendapatkan banyak sekali bahan kuliah dari berbagai sumber. Akan tetapi, sekarang sudah bukan jamannya lagi nih mengambil referensi bahan kuliah dari sembarangan sumber yang belum tentu terpercaya isinya. Coba deh sekali-kali, FODIMers mencari bahan di Google Books dan Google Scholar. Seperti namanya, Google Books menyajikan banyak sekali buku secara online. FODIMers bisa mencari buku apapun disini. Terkadang FODIMers juga bisa melihat preview buku tersebut, jadi seperti membaca secara onlineSayangnya, tidak semua buku dapat dilihat seluruhnya. Ada beberapa buku dengan preview beberapa halaman tertentu atau bahkan tidak ada preview sama sekali. Jika Google Books berguna untuk mencari buku maka Google Scholar berguna untuk mencari jurnal. Biasanya jurnal yang ada di Google Scholar sudah terpercaya dan diterbitkan. Jadi daripada mengambil bahan dari website gak jelas dan gak tahu siapa penulisnya, lebih baik cari langsung ke sumber yang terpercaya dong.

4. LIPI
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah lembaga pemerintah yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang ilmu pengetahuan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Nah, LIPI menyediakan sebuah website yang dapat membantu FODIMers untuk download buku dan jurnal loh yaitu http://www.buku-e.lipi.go.id/ dan http://www.jurnal.lipi.go.id/. FODIMers bisa langsung mencari buku dan jurnal yang ingin FODIMers gunakan sebagai referensi. FODIMers tidak perlu repot untuk mendaftar dan sign in terlebih dahulu karena FODIMers bisa langsung download buku atau jurnal yang diinginkan. Keren banget kan lembaga pemerintah yang satu ini? Jika FODIMers ingin tahu tentang hal-hal tentang pendidikan atau hal-hal seputar LIPI maka FODIMers bisa langsung mengunjungi website http://www.lipi.go.id/. Selamat berjelajah di LIPI!

Setiap universitas pasti memiliki website untuk membantu mahasiswanya. Nah, Atma Jaya juga punya loh website untuk perpustakaannya yaitu AtmaLib. Kalau dari alternatif yang sudah diberikan ternyata tidak menemukan bahan kuliah yang cocok, berarti memang harus kembali untuk membuka buku-buku yang ada di perpustakaan. Disinilah guna dari AtmaLib yaitu membantu mahasiswanya untuk bisa mencari terlebih dahulu letak dari buku yang ingin dipinjam.Pasti capek dong kalau FODIMers harus mencari satu per satu, rak per rak, untuk menemukan buku yang ingin FODIMers gunakan. Selain itu, FODIMers juga bisa mengetahui apakah buku yang ingin FODIMers pinjam ada atau tidak. Jadi FODIMers tidak perlu capek-capek ke perpustakaan tapi ternyata buku yang ingin dipinjam tidak ada. Untuk FODIMers yang belum memaksimalkan AtmaLib dapat mulai menggunakan website kece yang disediakan Atma Jaya ini untuk membantu FODIMers mendapatkan nilai yang baik.

Gimana FODIMers? Jadi semakin semangat gak untuk membuat tugas setelah tahu ternyata banyak loh website terpercaya yang bisa membantu FODIMers? Jangan mau asal-asalan menggunakan website sebagai referensi bahan kuliah, jadilah FODIMers yang selektif :D. (LAV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar