Jumat, 07 Juli 2017

Fodim's Highlight

Morning (Moderator Training)
Connect to be Perfect
Halo, Fodimers! Fodim’s Highlight edisi kali ini akan membahas mengenai salah satu acara pelatihan internal yang diadakan oleh UKM Fodim,  yaitu moderator training atau yang disingkat menjadi Morning. Morning merupakan salah satu program kerja dari divisi SDM Fodim yang bertujuan untuk mengajarkan kepada anggota baru Sipostaru XXV mengenai bagaimana moderator memimpin jalannya sebuah diskusi dan mengarahkan jalannya diskusi agar sesuai dengan butir-butir pembahasan. Di samping itu,  morning merupakan wadah bagi para anggota baru untuk mempersiapkan diri dan berlatih agar ke depannya siap menjadi moderator dalam acara Fodim maupun di luar Fodim.
Pertama-tama,  acara ini dibuka oleh Master of Ceremony, yaitu Inryono Kusuma yang kemudian mempersilahkan Felicia Jesslyn untuk maju memberikan kata sambutannya selaku ketua Morning. Berdasarkan tujuan acara yang telah disampaikan di atas, maka Morning ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama yang dibawakan oleh Chris Bintang Juliana dan sesi kedua dibawakan oleh Julinus Omrie Napitupulu atau yang akrab dipanggil Ka Julinus.
Sesi pertama dibawakan oleh Chris Bintang Juliana 
Pada  sesi pertama yang dibawakan oleh Juli ini membahas mengenai “Apa itu Moderator?”  yang menjelaskan mengenai apa peran moderator itu, lalu apa bedanya antara moderator dengan MC, dan seberapa penting moderator itu dalam suatu diskusi. Pada sesi pertama ini terdapat inti yang ingin disampaikan kepada peserta bahwa moderator diibaratkan sebagai mediator agar pesan yang hendak disampaikan oleh pembicara dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta dalam sebuah diskusi. Jadi, peran moderator sangatlah penting dalam sebuah diskusi karena tanpa moderator diskusi dapat menjadi kacau dan tidak terarah sehingga tujuan dari diskusi tidak tercapai.  
Sesi kedua dibawakan oleh Julinus Omrie Napitupulu
Setelah sesi pertama usai, selanjutnya sesi kedua dibawakan oleh kak Julinus. Dalam sesinya kali ini,  kak Julinus membahas mengenai teknis sebagai moderator. Dari sesi kedua ini, ada beberapa hal-hal yang disampaikan kepada peserta mengenai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjadi moderator dalam acara diskusi dan teknik-teknik yang dapat dilakukan oleh seorang moderator. Kak Julinus juga menyampaikan bahwa teknik memoderatori diskusi yang baik itu tidak hanya pada lingkup di dalam diskusi saja, namun teknik-teknik sebagai moderator juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Simulasi

Simulasi

Setelah penyampaian materi oleh Juli dan Kak Julinus, kemudian acara ini dilanjutkan dengan simulasi dari para peserta terkait materi yang telah disampaikan oleh kedua fasilitator. Nah,  bagaimana Fodimers dan sobat Atma, seru kan ulasan mengenai acara Moderator
Training ini? Jangan lupa untuk baca Fodim’s Highlight berikutnya ya ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar