Rabu, 05 Juli 2017

Fodim's Highlight

OBAMA (Obrolan Bareng Mahasiswa)
feat. BKAK dan Warek III
Pada pertengahan Juni 2017, Unika Atma Jaya akan segera meresmikan kampus ketiganya yang terletak di Cisauk, Bumi Serpong Damai (BSD). Diresmikannya kampus ketiga ini sekaligus menjadi awal baru bagi beberapa fakultas di Semanggi yang berpindah ke kampus Cisauk,  seperti fakultas Teknik,  Teknobiologi, Hospitality dan sebagian dari mahasiswa fakultas Psikologi angkatan 2017. Perpindahan tersebut juga mempengaruhi sumber daya manusia dalam organisasi mahasiswa (ormawa) fakultas maupun universitas, terutama dalam keterlibatan kepanitiaan. Berdasarkan hal tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Diskusi Ilmiah Mahasiswa (UKM Fodim) merasa perlunya suatu forum diskusi antara jalur 3 kemahasiswaan,  BKAK, dan juga ormawa untuk menanggapi kebijakan-kebijakan baru di Unika Atma Jaya, serta terkait kebijakan mengenai eksistensi ormawa di kampus Cisauk. Oleh karena itu, hadirlah “OBAMA” atau Obrolan Bareng Mahasiswa yang diselenggarakan pada 26 Mei 2017 lalu di Gedung D, Unika Atma Jaya. Seperti telah disampaikan di atas, acara Obama ini memiliki sejumlah tujuan, seperti untuk mensosialisasikan kebijakan baru terkait pembentukan cabang UKM/UKK di kampus BSD, menganalisis kebutuhan UKM/UKK terkait fasilitas di kampus BSD, dan menyampaikan keinginan untuk mengadakan pelatihan SDM bagi ormawa.
Anastasia Carolina sebagai Master of Ceremony
Maria Octavia sebagai Ketua Acara
Diskusi Obama yang diketuai oleh Maria Octavia ini dihadiri oleh perwakilan UKM/UKK di Atma Jaya. Acara obama ini menjadi semakin semarak dengan dibawakan oleh Master of Ceremony, yaitu Anastasia Carolina. Menariknya, pembicara dalam diskusi ringan nan segar kali ini adalah Dr. Tommy N. Tanumihardja, Sp. An selaku Wakil Rektor III Unika Atma Jaya yang baru bersama dengan Lisa Esti Puji Hartanti, S.Sos., M.Si selaku Kepala BKAK Unika Atma Jaya. Diskusi yang terbagi dalam dua sesi di mana pada sesi pertama yang berupa seminar, dimoderatori oleh Christian Reynaldo. Kemudian di sesi kedua yang berupa Focus Group Discussion dimoderatori oleh Ibu Lisa sendiri.
Dr. Tommy N. Tanumihardja, Sp. An (Wakil Rektor III Unika Atma Jaya)
Lisa Esti Puji Hartanti, S. Sos., M.Si (Kepala BKAK Unika Atma Jaya)
Dalam sesi seminar, Dr. Tommy membahas tentang “Implementasi Nilai Inti Unika Atma Jaya dalam Transformasi Pribadi dan Sosial Mahasiswa”. Beliau mengatakan bahwa sejak pengenalan kampus sudah ada nilai-nilai yang ditanamkan kepada mahasiswa untuk bertumbuh dan berkembang supaya dapat bertransformasi lebih baik. Kemudian, salah satu isu yang muncul adalah mengenai perpindahan ke Cisauk. Pindah memang bukan berarti kosong, tetapi ini seperti ekspansi mengembangkan dan bertransformasi untuk lebih besar lagi. Sekedar info, bahwa tahun 2019 mendatang, tujuan yang ingin dicapai oleh Unika Atma Jaya adalah Digital Social Entrepreneurship.

Untuk mencapai hal tersebut, salah satu prosesnya adalah ekspansi ke kampus BSD. Ibu Lisa menjelaskan mengenai “UKM Road to BSD”, di mana secara bertahap Atma Jaya akan pindah ke BSD. Sehingga nantinya di sana akan ada empat ruangan untuk UKM-UKM yang digunakan secara bersama dan saling berbagi dengan UKM lainnya. Di samping itu, ada hal yang lebih penting lagi bahwa rencananya BEM Universitas akan dihidupkan kembali untuk membantu jalur koordinasi kepada BKAK.

Bagaimana nih, Fodimers dan sobat Atma? Ingin tahu lebih mengenai hasil Focus Group Discussion yang diadakan, bisa intip di link ini ya: -> https://drive.google.com/drive/u/0/my-drive .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar