Rabu, 05 Juli 2017

Fodim's Highlight

Citizen Journalism Competition: "Taste of Indonesia: Temukan Indonesia dalam Ceritamu"
Halo, Fodimers dan sobat Atma! Divisi Jurnalistik Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Diskusi Ilmiah Mahasiswa (UKM Fodim) kembali lagi hadir untuk mengulas kilasan acara-acara UKM Fodim, nih, dalam Fodim’s Highlight edisi Mei dan Juni 2017. Diantara sejumlah acara yang ada, salah satu yang pertama-tama akan diulas adalah Citizen Journalism Competition atau disingkat CJC. Acara CJC ini dapat dikatakan masih sangat fresh dalam ingatan karena diselenggarakan baru-baru ini sekitar akhir April sampai pertengahan Mei 2017. Selain itu, acara ini juga merupakan terobosan baru yang diselenggarakan oleh UKM Fodim, terutama dalam bidang jurnalistik.
Pada awalnya, UKM Fodim melihat semakin hari perkembangan teknologi terjadi semakin pesat. Hal tersebut juga diiringi dengan ide-ide kreatif dari orang-orang untuk memanfaatkan teknologi tersebut untuk hal yang positif. Seperti contohnya, saat ini orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, berlomba-lomba memanfaatkan kamera handphone, kamera DSLR atau kamera yang dipasang pada drone untuk merekam gambar dan keadaan di suatu tempat yang kemudian akan dijadikan output sebagai video blogging (vlogging) dan citizen journalism. Dari kedua output tersebut, pastinya masih banyak di antara kita yang belum memahami apa makna sesungguhnya dari Citizen Journalism. Citizen Journalism itu sendiri merupakan atau kegiatan jurnalistik untuk melakukan peliputan atau penyebaran informasi yang dilakukan oleh warga biasa non wartawan.



Oleh karena itu, divisi jurnalistik UKM Fodim melihat akan adanya peluang untuk mengadakan sebuah terobosan baru dan pertama kali di Unika Atma Jaya mengenai Citizen Journalism yang dikemas menjadi Citizen Journalism Competition (CJC) dengan tema ”Taste of Indonesia: Temukan Indonesia dalam Ceritamu”. CJC ini dibuat menjadi sebuah rangkaian acara, yang terdiri dari:
1.      Workshop
hari, tgl            : 15 Mei 2017
lokasi               : Aula BKS, Unika Atma Jaya
waktu              : Pkl 15.30- selesai
MC                  : Jhon Saifan (salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi, Akuntansi)
moderator        : Yosita Kumala Dewi (salah satu mahasiswa Fakultas Hukum)
pembicara        : (1) Istiarto Sigit Nugroho, S.E, M.IKom. yang merupakan   Correspondent CCN Indonesia TV;
(2) Marsya Manopo, yang merupakan host dalam acara “Weekend List” yang ditanyakan di NET TV
Dalam worskhop ini, pembicara pertama, yaitu Istiarto Sigit Nugroho, S.E, M.IKom atau yang akrab dipanggil Ka Itho juga merupakan Alumni dari UKM Fodim. Dalam sesinya, banyak ilmu-ilmu mengenai jurnalistik yang dibagikan oleh Kak Itho. Beliau memaparkan secara umum apa itu jurnalistik, lalu hal-hal apa yang penting dalam jurnalistik, yaitu journalistic truth. Bila dikatakan bahwa dalam dunia jurnalistik sebagai seorang jurnalis  harus bersikap dan berpola-pikir objektif serta tidak boleh memihak. Karena kebenaran yang kita dapatkan di lapangan harus kita telusuri keabsahannya dan kebenaran informasi tersebut. Setelah pemaparan materi Kak Itho usai, Beliau meminta salah satu peserta untuk memperagakan bagaimana melakukan live report.
Kemudian, sesi berikutnya dilanjutkan oleh Marsya Manopo atau yang akrab dipanggil Ka Marsya. Dalam sesi kedua yang dibawakan oleh Ka Marsya, beliau membagikan pengalamannya saat masih menjadi host Weekend List yang banyak berpergian ke luar kota untuk me-review tempat-tempat yang bagus dan anti-mainstream. Menurut Kak Marsya, ada sejumlah langkah-langkah apabila ingin mengemas konsep jalan-jalan atau wisata untuk menjadi sebuah karya jurnalistik, yaitu pertama, si pembuat video harus mengetahui siapa target yang disasar. Kedua, susun alur cerita yang ingin diperlihatkan dari video tersebut. Ketiga, buatlah skrip inti kata-kata yang akan disampaikan pada setiap masing-masing bagian. Dan, terakhir lakukanlah proses pengambilan gambar pada tempat yang ditargetkan.




Bila di atas, sudah dibahas mengenai gambaran selama workshop, berikutnya ada masa pendaftaran perlombaan yang dibuka pada 16 Mei 2017 sampai 28 Mei 2017 . Lomba ini dibuat berkelompok dengan beberapa ketentuan, seperti video bedurasi 5-7 menit, isi video harus sesuai dengan tema, isi video tidak mengandung unsur pornografi, menyinggung SARA, dan unsur kekerasan. Pada akhirnya, terdapat sejumlah tim yang mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam lomba ini.
2.                 Pengumuman lomba bagi mahasiswa/i dan siswa/i se-Jabodetabek
hari, tgl            : 30 Mei 2017
lokasi               : Aula BKS, Unika Atma Jaya
waktu              : Pkl 13.00-selesai
Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba yaitu, hari pengumuman lomba Citizen Competition Journalism. Peserta yang mengikuti lomba terdiri dari 2 kelompok yaitu RBG Curve dan AGGC (Anti Gakuy Gakuy Club). Tema yang diambil dari kedua kelompok tersebut sangat unik dan sesuai dengan tema yang diangkat. Tema dari kelompok RBG Curve adalah When Nature Around Us is Calling dan tema dari kelompok AGGC adalah Mengintip Indonesia dari Dinding Sebelah. Sangat unik bukan tema tersebut? kalo kalian penasaran dengan isi video kedua kelompok tersebut ini link untuk melihat video mereka.
Setelah menyaksikan kedua video tersebut kita dapat belajar bahwa ada hal yang belum kita sadari dari Indonesia yang sebenarnya adalah cermin dari kebudayaan Indonesia yang juga merupakan kekhasan dari Indonesia.
Kelompok AGGC

Kelompok RGB Curve



Tidak ada komentar:

Posting Komentar