Selasa, 08 April 2014

Tips Sebelum Memilih di Pemilu 2014

Pemilu akan terselenggara sebentar lagi loh FODIMers. Kemeriahan sudah terlihat dimana-mana dengan banyaknya atribut-atribut baik dari penyelenggara Pemilu maupun partai-partai yang akan ikut serta di pentas lima tahunan ini. Siapkah FODIMers untuk ikut memeriahkan pesta lima tahunan ini?
Coba deh tanya dalam hati, sebetulnya bosen gak sih FODIMers selama ini disuguhkan berita-berita buruk mengenai anggota legislatif kita? Banyak berita yang menyinggung tentang korupsi yang telah dilakukan oleh anggota legislatif kita Mungkin, itu semua adalah salah satu buah dari sikap kecuekan kita terhadap pemerintahan  selama ini.
Sekarang pertanyaannya, pasti bingung kan mau nyoblos siapa di Pemilu nanti? Nah,kami ada tips praktisnya nih untuk FODIMers! Simak yaa..

1. Cari Tahu Program dan Visi Partai Politiknya
Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan. Cari tahu visi dan program dari masing-masing partai politik. Masing-masing dari mereka memiliki karakteristik dan cara kerja yang berbeda-beda walaupun tujuan akhirnya ingin sama-sama membuat Indonesia lebih baik lagi. Setelah tahu partai politik yang paling sesuai, coba arahkan  fokus kalian ke caleg-caleg yang berasal dari parpol pilihanmu itu. 

2. Jangan Mudah Percaya Iklan atau Foto Narsis si Caleg
Belakangan ini banyak sekali kita temui foto narsis caleg di sepanjang jalan. Jangan pilih karena fotonya yang paling bertebaran dimana-mana atau hanya karena lucu dan menarik iklannya tapi cobalah pilih yang punya visi dan track record yang jelas. Seberapa besar para caleg memberikan kontribusinya bagi wilayahnya. Minimal untuk lingkunganmu. Dalam melihat track record ini, FODIMers jangan terjebak pada penampilan ataupun janji-janji manis yang telah mereka lontarkan. Akan lebih baik apabila kita mencari tahu sendiri tentang caleg yang akan berkompetisi di pemilu nanti.

3. Mencari tahu tentang partai dan caleg pilihamu lewat internet.
Coba pelajari dan amati apa saja yang mereka pernah lakukan, prestasi apa saja yang sudah diraih selama ini. Apabila FODIMers tidak menemukan informasi tentang orang tersebut di internet, mungkin saja tandanya orang tersebut belum pernah melakukan apa-apa untuk Negara kita Indonesia. Namun harus coba di cross check lagi dengan fakta di lapangan.

4. Cari Info Tambahan
Kata orang bijak, kita gak boleh cepat puas terhadap sesuatu. Nah coba deh kalian cari info tambahan mengenai perkembangan Pemilu 2014. Saat ini ada banyak banget media yang mencoba memberi info soal Pemilu 2014. Ada ayovote.com yang memang fokus banget buat bahas pemilu. Kaskus juga punya forumnya sendiri nih soal Pemilu 2014 atau juga teman-teman dari Celup Kelingking. So, coba deh sering-sering mencari informasi di website-website yang memang membahas tentang pemilu kali ini. Selain seru juga bisa menambah wawasan loh FODIMers.

5.  Ingat 9 April 2014
Percuma sudah membaca tips ini kalau tidak ikut “menyoblos” pada tanggal 9 April 2014 nanti. Kalian juga bisa ikut serta jadi anak muda yang membawa perubahan di negeri ini. Cuma dengan mencoblos kalian bisa membawa negeri kita Indonesia ke arah perubahan yang lebih baik loh FODIMers. Perubahan dimulai dari rasa kepedulian kita dalam memilih pemimpin untuk 5 tahun ke depan. Jadi, tentukan pilihanmu sekarang ya! (ALW)

(Sumber: inspiratorfreak.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar