Sabtu, 26 Juli 2014

TIPS



5 Tips untuk Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik


Tahukah FODIMers, diantara kalian ada yang terlahir alami sebagai seorang pemimpin. Namun, tidak semua orang bisa menjadi seorang pemimpin yang baik dan efektif bagi orang lain. Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak hal yang harus dikuasai seorang pemimpin agar dapat melakukan tugasnya dengan baik. Namun, tenang saja karena skill sebagai seorang pemimpin bisa dilatih.
Berikut ini adalah lima tips yang dapat FODIMers lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik :

1.      Memiliki Visi yang Jelas
Visi seorang pemimpin haruslah abstrak, tetapi tidak mengawang-awang. Pemimpin harus selalu mengikuti visinya – apapun yang terjadi – tanpa menghilangkan sesuatu terkait dengan  hal-hal yang tidak mendukung, bahkan jika rintangan tampaknya tidak mungkin untuk dilalui.

2.      Menepati Janji Secara Berkala
Jangan pernah membuat janji yang kalian yakini tidak dapat dipenuhi. Tidak ada yang dapat membunuh kredibilitas seseorang lebih cepat daripada ingkar janji atau harapan yang tidak terpenuhi. Kadang-kadang menepati janji dapat menjadi tantangan jika hal itu tidak menyakitkan. Komitmen ini akan mengembangkan disiplin dan integritas. Praktikan hal itu dengan keluarga termasuk rekan kerja kalian.

3.      Menyalurkan Energi Positif
Saat rapat ataupun saat melakukan koordinasi dengan anak buah, seorang pemimpin harus mampu mengalirkan energi positif agar semangat anak buah dapat terpompa. Salah satu cara mengalirkan energi positif kepada anak buah adalah dengan tersenyum.

4.      Mendengarkan dan Berpikir Dahulu Sebelum Bicara 
Seni menjadi pemimpin yang hebat adalah mau mendengarkan ide dan gagasan anak buahnya. Meskipun memiliki kuasa penuh dalam pengambilan keputusan, keterbukaan dalam mendengarkan anak buahnya akan dapat memberi sudut pandang baru yang berguna bagi rencana bersama. Selain itu, sebelum menentukan keputusan, seorang pemimpin harus mampu menempatkan diri di posisi anak buahnya untuk melihat apakah keputusan tersebut bisa tepat untuk semua orang. Yang penting, jangan gegabah dan egois.

5.      Perhatikan Penampilan
Kinerja kalian memanglah hal yang penting untuk kelangsungan karir kalian. Namun, urusan penampilan tentu harus menjadi perhatian kalian. Mungkin kalian tidak perlu memakai setelan jas setiap hari untuk bekerja, namun setidaknya perhatikan warna, kondisi, dan ukuran pakaian kerja yang kalian kenakan. Perhatikan setiap lekukannya, apakah ada yang kusut atau terlipat. Ini akan menjadi contoh yang baik bagi anak buah kalian dalam menghargai totalitas.

Sekian 5 tips untuk menjadi pemimpin yang baik dan masih banyak lagi tips lainnya yang perlu FODIMers ketahui untuk menjadi seorang pemimpin yang baik . Semoga tips kali ini  dapat bermanfaat bagi FODIMers .(ALT) 

* dari berbagai sumber 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar