Jumat, 07 November 2014

MVP bulan Oktober

NAMA: Yoshua 
SIPOS:  XXIII       

    Halo FODIMers.. Setelah beberapa waktu lalu telah diadakan Pelatihan Public Speaking  dan sekarng kita sudah tahu nih siapa pemenangnya, sekarang kita simak yuk perbincangan dengan Yoshua sebagai pemenang Public Speaking sekaligus MVP bulan Oktober. 
Gimana perasaan kamu setelah tahu jadi pemenang public speaking? 
Perasaannya seneng banget bisa menang, dari 40-an anggota SIPOS XXIII yang keren-keren public speakingnya ternyata saya yang terpilih menjadi pemenang. Buat saya itu suatu pembuktian diri kalo saya emang ada kemampuan yang lebih di public speaking. 
Gimana sih persiapan kamu sehingga bisa menang public speaking? 
Yang pertama sih, ikutin aja aja point-point inti waktu kelas pelatihan public speaking seminggu sebelum tampil seperti kontak mata, gestures, intonasi suara, bawain materi berdasarkan kejadian nyata dll, tetapi dari itu semua yaitu harus bisa menghibur. Penonton akan kasih perhatian lebih saat materi yang dibawakan bersifat menghibur. Dan sesuain materi dengan durasi yang disediakan. Latihan di rumah pake stopwatch terus praktekin cara nyampeinnya supaya waktunya sesuai, engga kekurangan. kalo waktu udah pas tinggal latihan berulang-ulang supaya terbiasa dengan materinya sisanya ya pede aja untuk ngejalaninnya. 
Terus kamu ngerasain gugup ga sih pas lakuin public speaking? Gimana strategi kamu ngadepin kegugupan itu?  
Gugup saat dari tempat duduk jalan ke tempat tampil, iya.. deg-degan. Tapi pas udah di depan, dilihatin orang banyak langsung kuasain diri sebisa mungkin, jangan sampe kelihatan gugup. Selama nyampein materi-materi di public speaking, engga merasa gugup karena ada caranya yang secara ga langsung atau secara ga sadar gugupnya dialihin yaitu melalui ngomong yang agak cepet dan ga berhenti. Karena kalo berhenti terlalu lama, pasti gugupnya berasa tetapi dengan ngomong terus jadi lupa sama gugupnya, udah fokus ke materi. Cuma dampak negatifnya kalo ga terkontrol kadang jadi kecepetan ngomongnya dan ada kemungkinan engga didenger secara penuh sma penonton dan penonton jadi ga ngerti maksudnya. 
Adakah pesan atau tips dari kamu untuk anggota SIPOS XXIII  lainnya yang belom menang?  
Pesen saya yaa tetep semangat, masih ada kegiatan lainnya seperti coaching class dan moderator class yang kemungkinan temen-temen SIPOS XXIII menangin. Lakuin yang terbaik, jangan pernah takut gagal karena kalo gagal itu biasa masih tahap pembelajaran untuk jadi yang lebih baik setelah kegagalan itu. Akan tetapi, kalo ga pernah gagal, itu yang jadi masalah soalnya itu berarti ga pernah ngelakuin apa-apa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar