Sabtu, 28 Desember 2013

Indonesia di SEA GAMES 2013

Pada beberapa bulan yang lalu, Indonesia baru saja mengikuti ajang olahraga Southeast Asian Games atau yang biasa kita kenal sebagai SEA Games. SEA Games selalu diadakan setiap dua tahun sekali dengan melibatkan 11 negara di Asia Tenggara dan pada tahun ini Myanmar mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah SEA Games XXVII. Sama seperti tahun sebelumnya, Indonesia pun tidak pernah absen dalam ajang olahraga bergengsi ini.
Indonesia yang pada awalnya menargetkan paling tidak dapat mencapai posisi tiga klasemen medali di SEA Games 2013 ternyata tidak mampu mewujudkannya karena pasalnya hingga akhir acara SEA Games 2013, Indonesia belum mampu menaikan posisi klasemennya menjadi 3 besar melainkan terpaksa harus bertahan di posisi ke empat setelah Negara Vietnam. Para atlet Indonesia hanya mampu mengumpulkan 65 emas, 84 perak dan 111 perunggu dari 1557 medali yang diperebutkan.
Jika menilik pada SEA Games 2011, Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dengan perolehan medali 182 emas, 151 perak dan 143 perunggu. Posisi ke empat dalam SEA Games 2013 merupakan pertanda adanya kemerosotan prestasi yang dialami negri kita. Banyak pihak yang merasa dikecewakan dengan adanya peristiwa ini.

Lalu apa saja penyebab adanya penurunan prestasi ini? Ada beberapa pihak mengatakan bahwa kegagalan ini dapat dilihat dengan banyaknya kendala yang dihadapi dalam hal pendanaan olahraga Indonesia yang dapat mempengaruhi persiapan para atlet-atlet negeri kita. Pemerintah belum bisa memberikan pendanaan yang memadai dan jelas. Pemerintah masih menganggap olahraga sebagai prioritas yang kesekian dalam pembangunan bangsa. Di lain pihak ada yang berpendapat bahwa ada cabang olahraga yang baru di pertandingkan dan Kontingen Indonesia tidak siap mengikutinya. Myanmar sebagai tuan rumah SEA Games mempunyai hak untuk memasukan cabang olahraga unggulan mereka sehingga banyak Medali Emas yang sulit direbut oleh Indonesia dari beberapa cabang olahraga. Akan tetapi, dengan segala kelebihan dan kelemahan para atlet negeri kita, mereka semua sudah berjuang maksimal dan memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Kejadian kelabu di SEA Games 2013 ini bisa menjadi pelajaran bagi Indonesia agar dapat bangkit dan lebih serius lagi dalam mengukir prestasi yang lebih gemilang di masa depan. Ayo Indonesia bisa! (VDG)
*Dari berbagai sumber

Hasil Perolehan Medali Sea Games 2013 (Sumber: http://id.wikipedia.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar