Jumat, 27 Desember 2013

Tempat Rekreasi di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah dan terkenal. Tidak jarang wisatawan asing datang untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Akan tetapi, hanya ada beberapa tempat wisata yang benar-benar dikenal dan ramai dikunjungi oleh wistawan padahal masih banyak tempat wisata lain yang tidak kalah indah serta menarik di Indonesia. Berikut adalah beberapa tempat wisata menarik yang bisa menjadi tujuan rekreasi ketika liburan.

1. Danau Kakaban: Berenang bebas dengan ubur-ubur tidak menyengat
Danau Kakaban terletak di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Letaknya tidak jauh dari Pulau Derawan. Danau Kakaban masih cenderung murni dan jarang dikunjungi orang karena lokasi jauh terpencil dan belum ada sarana transportasi yang memadai layaknya tempat wisata alam lainnya. Danau ini agak berbeda dan unik dengan kebanyakan danau yang ada di Indonesia. Selain letak danaunya yang berada di tengah laut, di dalam danau ini terdapat ubur-ubur yang tidak menyengat sehingga para pengunjung dapat dengan bebas bermain dan berfoto bersama dengan ubur-ubur tanpa perlu khawatir terkena sengatan ubur-ubur. Ketika menyelam di dalam danau ini para pengunjung akan menemui 4 jenis ubur-ubur yakni ubur-ubur bulan, totol, kotak, dan terbalik. Oh iya, berkat keunikan yang dimiliki danau Kakaban dinominasikan oleh UNESCO untuk menjadi kawasan situs warisan dunia loh.

2. Pulau Sempu, Laut di Tengah Pulau
Pulau Sempu berada di Selatan Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pulau ini
merupakan pulau yang tidak dihuni oleh manusia melainkan oleh tanaman lebat serta pohon besar yang menjulang tinggi. Selain itu, masih terdapat beranekaragam satwa liar yang mendiami pulau ini seperti macan tutul, harimau kumbang, babi hutan, dan monyet. Keunikan yang disajikan dari pulau ini adalah keberadaan laut di tengah-tengah pulau. Di Pulau Sempu terdapat Laguna Segara Anakan yang menjadi perhatian utama wisatawan yang datang. Air di Laguna Segara Anakan ini tenang sehingga merupakan tempat yang sempurna untuk berenang. Suasana yang didapatkan dari Laguna Segara Anakan sangat intim dan privat karena lokasinya yang terpencil dan jalur yang agak sulit diakses. Akan tetapi, meskipun jalur yang dilalui agak sulit dan licin tetapi keindahan laguna cantik yang tersembunyi ini sangat layak untuk diperjuangkan.

 3. Surga Tersembunyi di Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura
   Gunung Bromo atau Kawah Ijen merupakan tujuan wisatawan yang populer di Jawa Timur namun hanya sedikit yang tahu bahwa terdapat surga tersembunyi yang hanya berjarak kurang lebih satu jam ke arah utara dari Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu Air Terjun Madakaripura. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 200 meter dan masih dikeramatkan serta dianggap suci oleh umat Hindu sebagai “Tirta Sewana” (air suci).
Di balik derasnya Air Terjun Madakaripura terdapat sebuah gua yang berada di ¼ bagian atas air terjun yang menambah kesan magis pada air terjun tersebut. Gua ini konon dipercaya sebagai tempat Patih Gajah Mada bersemedi.

4. Situ Patenggang dan Batu Cinta
Situ Patenggang merupakan sebuah danau cantik yang terletak di daerah Ciwidey, Jawa
Barat. Lokasi Situ Patenggang tidak jauh dari obejek wisata yang terkenal yaitu Kawah Putih. Oleh karena itu, dengan mengunjungi satu lokasi maka wisatawan dapat menikmati dua tempat wisata yang menarik. Situ Patenggang terletak di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1600 meter dari permukaan laut dan berada di kaki Gunung Patuha sehingga udara dingin dan segar meliputi Situ Patenggang. Salah satu tempat favorit di Situ Patenggan adalah Batu Cinta. Batu Cinta berasal dari legenda Jawa Barat. Di tempat inilah Ki Santang dan Dewi Rengganis, sepasang kekasih yang harus melewati perjalanan sulit dalam percintaan mereka, akhirnya bertemu kembali di tempat ini, setelah sebelumnya terpisah. Air yang mengisi danau ini menurut mitos masyarakat Patengan berasal dari deraian air mata kedua manusia tersebut. Masyarakat setempat percaya bahwa mengunjungi Batu Cinta dengan pasangan akan membuat hubungan pasangan tersebut menjadi langgeng.
 *Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar