Sabtu, 28 Desember 2013

Christy Zakarias: Pelajar Indonesia, Peraih Diana Award

Berawal dari keprihatinan minimnya pengetahuan bahasa inggris  anak-anak di Lengkong, Kecamatan Serpong, Kota Tanggerang Selatan, Christy Zakarias dan teman-temannya bertekat untuk memberikan pendidikan berbahasa inggris kepada para anak 'kampung' di Lengkong secara gratis. Tekat itu diperkuat ketika Christy menemukan kemauan belajar dari anak-anak di Lengkong. Berikut adalah kutipan yang kami ambil dari Indopos ’’Saat kami sedang penelitian, ada anak-anak yang juga sedang berenang di aliran sungai Cisadane. Mereka sedikit bingung dengan bahasa kami. Lalu saya tanya sama mereka, apakah mau belajar bahasa Inggris? Dan mereka menjawab mau” Jelas Christy. Christy dan teman-temannya menamai komunitas kegiatan edukasi bahasa Inggris untuk anak-anak kurang mampu yang mereka asuh ini sebagai RIVERIA. RIVERIA sendiri dari dua kosakata River yang berarti sungai dan Ria yang berarti bahagia. Makna yang terkandung sungai yang penuh kebahagiaan.
Setelah berkonsultasi dengan guru pembimbing di sekolahnya, akhirnya Christy yang masih duduk di kelas 7 waktu itu dibantu dengan 20 teman-teman sekolahnya di Sinar Mas Academy World memulai proyek ini pada bulan Mei 2013. Pertama kali kelas tersebut dibuka Christy dan teman-temannya mengajar 30 siswa dengan tiga kelompok kelas yang berbeda, yaitu kelompok pemula, kelompok menengah dan kelompok atas. Pada umumnya para siswa ini masih duduk dibangku 6 SD sampai dengan 3 SMP. Kegiatan belajar dilaksanakan di MI Tarbiyatul Islamiah setiap hari Jumat pukul 15.00 sampai 16.30. Metode pengajaran yang diberikanpun bervariasi mulai dari games interaktif, conversation hingga ujian yang dilakukan setiap delapan bulan sekali. Dalam memenuhi kebutuhan pendanaan untuk kegiatan mengajar bahasa Inggris yang mereka berikan, Christy dan teman-temannya menggalang dana dari kegiatan bazaar di sekolah maupun kegiatan sosial lainnya.

Berkat kegiatan, usaha dan dedikasi yang diberikan Christy kepada anak-anak di Lengkong akhirnya perempuan kelahiran 19 Juli 1998 ini berhasil memenangkan Penghargaan Internasional Puteri Diana (Diana Award) pada tanggal 30 Mei 2013. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mark Canning, di Kedutaan Besar Inggris-Jakarta. Bagi Christy penghargaan tersebut di dedikasikan juga untuk rekan-rekan sesam pelajar di SAW yang sudah turut membantu dalam kegiatan yang di langsungkan sekitar lima tahun ini. Oh iya, Christy Zakarias menjadi  orang Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan prestisius ini loh FODIMers. Hebat ya? Jadi, untuk FODIMers yang mau berbagi pengetahuan dan wawasan seperti yang dilakukan Christy ini jangan ragu-ragu ya, siapa tahu bisa membawa generasi Indonesia menjadi lebih baik lagi. (VDG)
*Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar