Minggu, 29 Desember 2013

What's Going On?

The Team of FODIM (2)


Setelah membaca The Team of FODIM (1) kita jadi mengetahui latar belakang dan harapan Rico sebagai ketua FODIM 2013/2014 dalam pembentukan ke empat tim yang ada di FODIM. Dalam prosesnya ada beberapa alasan yang melatarbelakangi pembentukan dari setiap tim yang ada. Pembentukan tim-tim di FODIM ini tentu juga mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing. Empat tim FODIM tersebut antara lain:

1. ITT (Internal Training FODIM)
ITT adalah tim yang berada di bawah sekaligus berkerjasama dengan divisi SDM. Pembentukan tim ini dilatarbelakangi oleh pandangan Rico sebagai ketua FODIM bahwa ada sebuah ketidaksesuain program kerja yang selama ini diberikan kepada SDM (Sipostaru, LKL dan Guardian Angel ) dengan visi dan misi FODIM yang ada. Seharusnya divisi SDM memegang peranan penting dalam pengembangan SDM di FODIM terutama bagi anggota aktif FODIM yang baru. Tak hanya itu, Rico juga melihat FODIM sejak dulu sampai saat ini di setiap acara pelatihan FODIM selalu mengandalkan alumni FODIM atau orang di luar FODIM. Semua hal inilah yang melatarbelakangi terbentuknya ITT sebagai sarana pengembangan diri dengan menggunakan bentuk pelatihan atau Training. ITT mempunyai tujuan menyiapkan para anggota aktif yang turut berpartisipasi agar dapat menjadi trainer selanjutnya.

2. PD ARMY
PD army berada di bawah dan turut bekerjasama dengan divisi Pengembangan Diskusi (PD). PD army dibentuk untuk memudahkan pemilihan topik diskusi dari masalah dan fenomena yang ada sehingga sangat pas dan menarik untuk di diskusikan bersama FODIMers. PD army dapat dijadikan sarana bagi para anggota aktif FODIM yang mau dan tertarik untuk mendalami diskusi, karena PD army memberikan kesempatan bagi para partisipannya untuk menjadi moderator di acara diskusi yang diadakan.





3. H3F (Hip-Hip Hura FODIM)
H3F adalah tim yang berada di bawah dan bekerjasama dengan divisi Kesejahteraan Anggota (KA). Kesulitan yang dialami oleh divisi KA sebelumnya dalam membuat variasi acara-acara yang menyenangkan bagi anggota FODIM menjadi salah satu alasan mengapa dibentuklah sebuah tim yang dapat membantu FODIM dalam menciptakan keceriaan antar anggotanya. Partisipan H3F berisi anggota aktif FODIM yang masih merasakan senang dan jenuhnya kuliah, sehingga mereka dapat membantu divisi KA dalam menciptakan ide-ide acara yang sebenarnya dibutuhkan dan sesuai dengan keinginan para anggota FODIM.


4. Tim Jurnalistik dan Tim Desain

Divisi HUMASJUR bisa dibilang sebagai divisi baru di FODIM karena divisi ini adalah gabungan dari divisi Humas dan Jurnalistik serta menjadi satu-satunya divisi eksternal yang ada di FODIM yang berarti segala bentuk promosi, publikasi dan kerjasama oleh pihak luar dikerjakan oleh divisi HUMASJUR. “Fungsi humasjur kali ini pengen saya ubah dalam artian kita mempublikasikan berbagai macam hal menjadi wajah FODIM, menjadi maskot FODIM dan mempromosikan FODIM lewat tulisan-tulisan jurnalistiknya. jurnalistik yang seperti apa? Jurnalistik yang online” jelas Rico. Hal tersebut menjadi latar belakang terbentuknya ke dua tim tersebut dibawah divisi HUMASJUR. Jika dulu Flashnews dan Gaudeamus dibuat secara cetak, sekarang Flashnews dan Gaudeamus dibuat secara online dan dimuat di dalam blog FODIM. Tim desain dapat membantu mendesain blog FODIM dan mendesain FODIMad. Tim jurnalistik memiliki cakupan yang lebih luas jika di bandingkan dengan tim Gaudeamus karena di dalam tim jurnalistik para partisipannya diajak untuk membiasakan diri mencari ide-ide dan membuat artikel untuk FODIMad, Flashnews dan What’s Going On? Hal tersebut membuat mereka lebih terbiasa dan tidak kaget ketika harus membuat Gaudeamus yang merupakan majalah terbesar FODIM. Rico juga menambahkan bahwa tim jurnalistik dapat dijadikan sarana yang bagus untuk mempromosikan jurnalistik itu sendiri, karena yang Rico tahu selama ini jurnalistik sangat minim peminatnya.(VDG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar