Sabtu, 28 Desember 2013

Rekor Muri

Rekor-rekor di dunia tercacat dalam Guiness World Records sementara untuk Indonesia, rekor-rekor di dalam negeri tercatat dalam MURI. Pasti penasaran kan, apa saja sih rekor-rekor yang sudah dicapai oleh Indonesia? Berikut terdapat dua kategori rekor yang akan dibahas yaitu umum dan makanan.          
REKOR UMUM
1. Lagu dengan Iringan dari Sumber Bunyi Terbanyak
    Keanekaragaman yang dimiliki Indonesia ternyata dapat dimanfaatkan oleh para masyarakatnya untuk menciptakan kreativitas tanpa batas. Lewat #CreativeNation yang digagas provider Indosat, Tangga bersama anak negeri kreatif telah mempersembahkan lagu "Indonesia Pusaka" menjadi bergema di mata dunia. Terdapat 580 sumber bunyi yang mengiringi lagu Indonesia Pusaka, dari mulai iringan tabuhan galon, drum band, digital music, beatbox, sampai dengan nintendo dijadikan sumber suara yang diharmonisasikan dengan lagu tersebut. Atas prestasi itulah tangga dan pemain musik kreatif berhasil meraih penghargaan MURI. Penasaran seperti apa penampilannya? Klik disini.
 2.  Festival Kuda Lumping Terlama
Sebagai upaya memperkenalkan kepada masyarakat bahwa kesenian Kuda Lumping merupakan kesenian khas Kabupaten Semarang serta dalam rangka memeriahkan Ungaran Expo 2008 Pemerintah Kabupaten Semarang memprakarsai kegiatan spektakuler yaitu Festival Kuda Lumping Terlama, 30 jam Non stop, yang dimainkan oleh 15 grup kuda lumping di wilayah Kabupaten Semarang. Acara ini dapat terlaksana berkat dukungan dari PT Radio Rasika Dananda Utama dan PT Jagung Hibrida Sulawesi.
      3.   Peluncuran Buku dengan Konsep Hujan Uang
Rekoris : Tung Desem Waringin dan Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama
Tung Desem Waringin bekerjasama dengan Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama berhasil mencatatkan prestasi di MURI atas rekor:
    a)  Peluncuran Buku dengan Konsep Hujan Uang (membagikan uang kepada masyarakat dari pesawat udara)
      b)  Peluncuran Buku dengan Liputan Terbanyak, 125 media cetak dan elektronik, nasional dan internasional yang dimuat di 5 benua (Asia, Afrika, Australia, Eropa dan Amerika)
c)  Penjualan Buku Terbanyak pada hari pertama edar, 38.878 eksemplar (Buku Marketing Revolution)
Acara penganugerahan Piagam MURI diselenggarakan pada 08 Juli 2008 di Jakarta
4. Usia Termuda, 2 Tahun 8 Bulan Mampu Berenang dan Menyelam di Kedalaman 1,5 Meter
Rekoris : Gregorius Edbert Purnomo
Gregorius Edbert Purnomo lahir pada 10-10-2005 mempunyai kemampuan berenang dan menyelam di kedalaman 1,5 meter di Kolam Renang Sate House Sriwijaya Semarang pada 01 Juli 2008, pengujian tersebut disaksikan oleh Tim MURI, Media Cetak dan Media Elektronik.

5. Guru Besar Penyandang Cacat Pemrakarsa dan Pemimpin
Rekoris : Prof. Dr. Irwanto dan Universitas Katolik Atmajaya Jakarta.
Universitas Katolik Atmajaya sebagai Lembaga Pendukung Prof. Dr. Irwanto sebagai Penyandang Cacat Pelopor dan Pemimpin Kajian & Bakti Kemasyarakatan & Kemanusiaan. Penyerahan piagam MURI pada Juni 2008. (AJG)

 REKOR MAKANAN
1.    Kerupuk Terbesar
Rekoris : Pemerintah Kota Semarang, PT. Bentoel Prima dan PT. Ardan Komunika
Dalam rangka ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Lapangan kalisari Semarang, PT. Bentoel Prima memprakarsai pembuatan Kerupuk Terbesar dengan diameter 1,5 m. Kerupuk Terbesar ini merupakan 800 kali pembesaran kerupuk dengan ukuran normal.
2.    Hotdog Terpanjang
Rekoris : The Butcher dan Panin Bank
Hot Dog sepanjang 1,54 meter  dengan diameter : 10 cm berhasil dibuat oleh The Butcher yang bekerjasama dengan Panin Bank di Gandaria City Mall. South Main Street Lobby Jakarta.

3.    Rangkaian Sushi Tertinggi
Rekoris : Restaurant SUDOKU
Dalam rangka pembukaan restaurant SUDOKU, Ibu Juliani Budiman sebagai owner Restaurant SUDOKU berhasil memprakarsai pembuatan rangkaian sushi tertinggi, 2,7 meter, terdiri dari 16 jenis sushi sebanyak 1500 potong sushi. Kegiatan berlangsung pada 23 Januari 2011 di Restaurant SUDOKU, Semarang.

4.    Kue Bulan Terbesar
Rekoris : Harian Indopos (Jawa Pos Jakarta)
Harian Indopos (Jawa Pos Jakarta) berhasil membuat kue bulan terbesar ukuran diameter 1,2 meter, tebal 40 cm dan berat 500 kg. Pembuatan ini dilaksanakan di Jakarta pada 11 Oktober.


5.    Logo OSIS dari Rangkaian Roti Tawar Terbesar
Rekoris : Alumni SMAN 6 Semarang Angkatan 1982,1983,1984 dan SMAN 6 Semarang
Dalam rangka reuni bersama 3 angkatan tahun 1982-1984 Alumni SMAN 6 Semarang dan SMAN 6 Semarang menyelenggarakan kegiatan pembuatan logo OSIS dari rangkaian roti tawar terbesar, 15,8 x 13 meter sejumlah 11.128 lembar roti tawar. Kegiatan berlangsung pada 01 Agustus 2010 di Semarang. (LAV)
(Sumber : www.muri.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar